Page 24 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 24
individu dalam bekerja. Pada tahap ini status atau hirarki antar anggota tim mulai
disadari. Pada tahap ini timbul suasana yang positif dan orang-orang merasa nyaman
satu sama lain dan mereka memiliki perasaan yang bervariasi tentang semangat,
keinginan dan kepositifan. Tetapi ada juga yang memiliki perasaan curiga, ketakutan,
dan kekhawatiran. Ketua tim kemudian menjelaskan tentang tugas dari tim,
menjelaskan berbagai perilaku kepada tim, serta bagaimana menangani keluhan.
3. Norming
Bila pada tahap ini ketidaksepahaman dan ketidakcocokan personalitas dapat
ditangani dengan baik, maka hal ini akan berdampak pada keakraban yang semakin
tinggi antar anggota tim dan semangat kerjas sama pun timbul. Hal ini dapat terjadi
jika tim sadar akan adanya kompetisi dengan tim lain dan berbagi sasaran yang sama.
Pada tahap ini, seluruh anggota tim mengambil tanggung jawab dan memiliki ambisi
untuk bekerja demi kesuksesan tercapainya sasaran tim. Mereka mulai bisa
bertoleransi terhadap perbedaan antar anggota tim serta dapat terus maju (move on).
Risiko di sini adalah para anggota tim begitu fokus mencegah terjadinya konflik
sehingga mereka enggan berbagi ide-ide kontroversial.
4. Performing
Ketika norma dan peran di dalam tim telah terkristalisasi, para anggota tim fokus pada
pencapaian sasaran serta kerap mencapai tingkat kesuksesan tak terduga. Dalam
kondisi ini mereka sudah termotivasi dan penuh pengetahuan. Para anggota tim kini
kompeten, otonom, serta dapat menangani
Berikut prinsip-prinsip cara membangun tim yang efektif, meliputi:
1. Memiliki Skill Kepemimpinan (Leadership)
Hal penting pertama untuk membangun tim efektif dari perspektif ketua tim
(manajer atau pemimpin) adalah keahlian kepemimpinan yang tepat (the right kind of
leadership skill). Hal ini bukan berarti menekankan otoritas, tetapi lebih kepada
membina kepercayaan (trust) melalui kejujuran dan transparansi. Terutama di
organisasi-organisasi besar, anda sebagai seorang ketua tim tidak bisa berada di
banyak tempat sekaligus. Tetapi bila anggota tim percaya terhadap pertimbangan dan
keputusan anda, mereka akan bekerja dengan efektif walau anda sedang tidak ada di
dekat mereka.
21