Page 20 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 20

2.  Tahap menetapkan arah kolaborasi
                    Tahapan  kedua  ini  menetapkan  ruang  lingkup  yang  menjadi  dasar  arah  dari

                    kolaborasi. Adapun kegiatan yang dilakukan dalam tahap ini adalah menetapkan

                    aturan main, menyusun agenda, pengorganisasian sub kelompok, penyelidikan
                    informasi bersama dan mengekplorasi pilihan guna mencapai kesepakatan sesuai

                    tujuan bersama.
                3.  Tahap pelaksanaan

                    Merupakan  tahapan  pelaksanaan  dari  tahapan  sebelumnya,  yaitu  dengan

                    menangani  konstituen,  membangun  dukungan  eksternal,  strukturisasi  dan
                    monitoring  kesepakatan  dan  jaminan pengaduan  guna mewujudkan  kolaborasi

                    yang lebih baik.


                    Prinsip  pelaksanaan  kolaborasi  harus  transparasi  dan  saling  menghormati.

               Pembagian peran yang bertanggungjawab akan menghasilkan hubungan kerja yang
               efektif. Dalam berkolaborasi membangun kearifan lokal serta menghormati perbedaan

               serta  keragaman  juga  merupakan  prinsip  yang  tidak  dapat  diabaikan  dalam
               berkolaborasi.  Sehingga  kolaborasi  dapat  dilakukan  secara  kontinu  dan  adaptif

               dengan skala yang lebih luas.


               b. Membangun Tim Efektif

                       Anggota tim yang bekerja secara efektif satu sama lain memiliki kapasitas untuk
               meningkatkan  produktivitas.  Tim  yang  sukses  terdiri  anggota  yang  memiliki

               pemahaman  terkait  peran  dan  tanggung  jawab  mereka  sendiri  dalam  sebuah  tim.
               Dalam  bekerja  secara  kolaboratif,  tim  yang  efektif  memiliki  kemampuan  untuk

               menyepakati  rencana  strategis,  membagi  pekerjaan  secara  adil  sesuai  dengan

               kompetensinya dan bekerja sama untuk mengembangkan ide dan konsep baru.
                       Membangun tim efektif dalam berkolaborasi guna meningkatkan produktifitas

               ada empat faktor yang dapat dilakukan. Faktor tersebut adalah :
                1.  Membentuk tim yang tepat

                    Pembetukan tim diawali dengan memilih personil yang tepat untuk diajak bekerja

                    sama. Kepribadian (personality) seseorang yang baik untuk diajak bekerja sama
                    apabila mereka mampu bekerja dalam tim, fleksibel terhadap startegi kerja orang

                    lain, serta memahami cara berkompromi secara efektif. Anggota tim harus




                                                                                                       17
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25