Page 29 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 29
Gambar 3.3 TMS Wheel.
Untuk meningkatkan kualitas komunikasi, seseorang harus bisa mendengarkan
(listening). Akan tetapi mendengarkan saja tidak cukup. Yang lebih penting lagi adalah
kemampuan mendengar dengan empati (active empathic listening). Active empathic
listening (AEL) adalah kemampuan untuk mendengarkan secara aktif dengan
menggunakan client-centered approach yang meliputi kemampuan untuk merasakan,
memproses, dan merespon secara empathic. Empathicsensing merupakan
kemampuan seseorang untuk memahami apa yang disampaikandan juga bagaimana
cara penyampaiannya yang meliputi:
1. Kepekaan terhadap apa yang disampaikan
2. Menyadari maksud yang tersirat
3. Memahami perasaan pembicara
4. Memperhatikan hal lain selain kata-kata yang diucapkan.
5. Membantu Perkembangan Teamwork
6. Menetapkan Aturan Main yang Jelas
Setelah anda membangun dan membina hubungan dengan dan di antara anggota
tim, kini diperlukan peran anda agar anggota tim bekerja secara efektif. Dorong dan
motivasi tim anda untuk berbagi informasi di antara mereka dan di organisasi yang
lebih luas. Berkomunikasilah lebih sering dengan tim anda di luar sekedar rapat, serta
menerima saran dan kritik. Tawarkan bantuan dan asistensi kepada tim anda, dan
lakukan segala upaya untuk dapat berkomunikasi dengan tim anda dengan jelas dan
jujur.
26