Page 29 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 29

Gambar 3.3 TMS Wheel.


                   Untuk  meningkatkan  kualitas  komunikasi,  seseorang  harus  bisa  mendengarkan

               (listening). Akan tetapi mendengarkan saja tidak cukup. Yang lebih penting lagi adalah
               kemampuan mendengar dengan empati (active empathic listening). Active empathic

               listening  (AEL)  adalah  kemampuan  untuk  mendengarkan  secara  aktif  dengan

               menggunakan client-centered approach yang meliputi kemampuan  untuk merasakan,
               memproses,  dan  merespon  secara  empathic.  Empathicsensing  merupakan

               kemampuan seseorang untuk memahami apa yang disampaikandan juga bagaimana

               cara penyampaiannya yang meliputi:
               1.  Kepekaan terhadap apa yang disampaikan

               2.  Menyadari maksud yang tersirat
               3.  Memahami perasaan pembicara

               4.  Memperhatikan hal lain selain kata-kata yang diucapkan.
               5.  Membantu Perkembangan Teamwork

               6.  Menetapkan Aturan Main yang Jelas

                    Setelah anda membangun dan membina hubungan dengan dan di antara anggota
               tim, kini diperlukan peran anda agar anggota tim bekerja secara efektif. Dorong dan

               motivasi tim anda untuk berbagi informasi di antara mereka dan di organisasi yang
               lebih luas. Berkomunikasilah lebih sering dengan tim anda di luar sekedar rapat, serta

               menerima saran dan kritik. Tawarkan bantuan dan asistensi kepada tim anda, dan
               lakukan segala upaya untuk dapat berkomunikasi dengan tim anda dengan jelas dan

               jujur.



                                                                                                       26
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34