Page 14 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 14

1.  Clear, artinya menggunakan kata-kata yang familiar, kalimat yang singkat, satu
                   pendapat dalam setiap kalimat, dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami

                   oleh anggota tim lain;

               2.  Concisel, artinya menyentuh inti dari pesan yang diberikan, berkata secukupnya,
                   tidak bertele-tele, dan tidak basa basi;

               3.  Complete,  artinya  memberikan  seluruh  fakta,  mencakup  hal-hal  essensial,

                   menjawab seluruh pertanyaan dan merencanakan apa yang akan dikatakan;
               4.  Courteous, artinya menggunakan kata-kata positif dan sopan, menggunakan kata-

                   kata “saya mengerti”, “silahkan” dan “terima kasih”;
               5.  Correct, artinya membuktikan kebenaran seluruh fakta dan membuktikan semua

                   bilangan dan jumlah
               6.  Concrete,  artinya  memberikan  contoh  detail  yang  konkrit  mengenali  apa  yang

                   dibutuhkan dan memberikan ilustrasi dan metafora yang membuat penjelasan kita

                   menjadi lebih konkrit.
                   Apabila  tim  sudah  terbentuk,  perlu  direncanakan  secara  matang  strategi

               komunikasi dalam  tim  sehingga akan  tercipta  tim  yang efektif.  Strategi  komunikasi

               yang dimaksud adalah bagaimana kita merencanakan sebuah proses pengiriman dan
               penerimaan  pesan  antar  individu  dalam  kelompok  supaya  dapat  diminimalisir

               permasalahan yang akan terjadi. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan 3 tahap
               proses kreatif karya Mary Parker Follet sebagai berikut:

               1.  Mengumpulkan informasi dari seseorang yang dianggap mengetahui atau ahli;
               2.  Menguji informasi itu dalam pengalaman sehari-hari, dan

               3.  Mengembangkan solusi integratif yang memenuhi berbagai kepeningan dari pada
                   saling berkompetisi

                   Dalam mewujudkan tim efektif, komunikasi merupakan bagian dari keseluruhan

               proses  implementasi  membangun  tim  efektif.  Komunikasi  yang  baik  dan  benar
               seharusnya direncanakan  dari  awal, berikut  beberapa  hal yang  harus  diperhatikan

               dalam menciptakan komunikasi yang efektif:
                1.  Ketahui mitra bicara (Audience)

                    Kita harus sadar dengan siapa kita berbicara. Dengan mengetahui mitra bicara,

                    maka  kita  dapat  menyesuaikan  dan  memilih  kata-kata  yang  digunakan  dalam
                    menyampaikan  informasi  atau  buah  pikiran  kita.  Hal  tersebut  dapat  diartikan

                    bahwa  bahasa  yang dipakai harus  sesuai dengan  yang mudah dipahami oleh





                                                                                                       11
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19