Page 10 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 10

Group                                          Tim
                 Leader       mendominasi         dan  Leader berperan sebagai fasilitator dan coach
                 mengontrol tim                         (pembimbing)
                 Goals ditentukan oleh organisasi       Goals ditentukan oleh semua anggota tim
                 Leader mengadakan meeting              Meeting berupa diskusi partisipatif
                 Leader memberikan tugas                Tim merencanakan tugas-tugas pekerjaan
                 Menekankan kinerja individu            Menekankan kinerja tim
                 Pegawai saling bersaing                Anggota tim bekerja sebagai unit kolaboratif
                 Komunikasi mengalir dari atas ke  Komunikasi mengalir dari bawah ke atas dan
                 bawah                                  dari atas ke bawah
                 Informasi  sering  disimpan  oleh  Informasi dibagi (shared)
                 pegawai
                 Keputusan dibuat oleh leader           Keputusan dibuat oleh seluruh anggota tim

                   Beberapa tujuan dari bekerja dalam sebuah tim dapat disampaikan sebagai

               berikut:
                a.  Untuk memperlancar aktivitas pekerjaan;

                b.  Untuk memanfaatkan potensi setiap anggota kelompok dan  saling melengkapi
                    kekurangan anggota satu dengan lainnya;

                c.  Untuk bekerja bersama-sama dan saling memberikan dukungan;

                d.  Ada pembagian tugas, wewenang yang jelas dan adil untuk setiap anggota tim;
                e.  Untuk mengefisiensikan waktu dan biaya.


               c.  Jenis Teamwork

               Teamwork ada enam kategori, yaitu:

               1.  Teamwork Formal
                   Teamwork formal adalah sebuah bentuk kerja tim yang dibentuk oleh organisasi

               sebagai bagian dari struktur organisasi formal.
               2.  Teamwork Vertikal

                   Teamwork vertikal adalah sebuah bentuk kerja tim formal yang terdiri dari seorang

               manajer dan beberapa orang bawahannya dalam rantai komando organisasi formal  .
               3.  Teamwork Horizontal

                   Teamwork  horizontal  adalah  sebuah  bentuk  kerja  tim  formal  yang  terdiri  dari
               beberapa karyawan dari tingkat hirarki yang sama tapi berasal dari area keahlian yang

               berbeda.
               4.  Teamwork dengan Tugas Khusus








                                                                                                       7
   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14   15