Page 13 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 13
4. Pemecahan masalah dilaksanakan secara positif tanpa melibatkan kebencian
indvidu;
5. Apabila ada perbedaan pendapat akan dimusyawarahkan dengan kepala dingin
dan terbuka;
6. Pembagian dan pendelegasian tuga/tangungjawab dengan anggota tim bersifat
mandiri tetapi tetap dalam kerangka kerjasama;
7. Saling berbagai dan menerima saran untuk perbaikan;
8. Setiap anggota tidak ragu-rau mengambil inisiatif dan tindakan yang diperlukan
tanpa rasa takut terhadap perbedaan pendapat.
Semakin kuat sebuah tim terikat oleh suatu tujuan bersama, maka tim itu akan lebih
efektif bekerja sama. Membangun tim efektif berfikus pada manusia, mengelola
hubunan dan komunikasi.
e. Strategi Komunikasi Teamwork
Komunikasi dalam sebuah tim kerja yang efektif dibangun oleh 5 komponen dalam
teamwork, yaitu:
1. Kepemimpinan, yakni sebuah proses komunikasi yang bertujuan untuk
mengumpulakan semua informasi untuk membantu kinerja tim menyelesaikan
tugasnya, mengkomunikasikan penyelesaian permasalahan, mengelola anggota
tim, mengelola sumber daya;
2. Kemampuan beradaptasi, artinya bagaimana masing-masing anggota tim
berkomunikasi untuk meningkatkan dan menerapkan kemampuan beradaptasi
dengan budaya kerja yang baru dan berbeda, dan bagaimana merespon dengan
cepat atas perubahan dari lingkungan sekitar;
3. Monitoring timbal balik, artinya bagaimana komunikasi yang dilakukan antar
anggota tim untuk memastikan tim kerja sesuai dengan perencanaan;
4. Saling membantu, artinya bagaimana komunikasi yang dibangun anggota tim
untuk saling mendukung dan membantu ketika pekerjaan anggota tim lain sedang
tinggi;
5. Orientasi team, artinya bagaimana komunikasi dilakukan untuk menjaga
kekompakan/kekokohan tim ketika dibawah tekanan.
Strategi komunikasi yang perlu dilakukan dalam menunjang komponen tim kerja di
atas adalah dengan memberikan informasi dengan baik sehingga informasi dapat
diterima dengan benar. Prinsip memberikan informasi dengan baik meliputi:
10