Page 9 - Panduan Magang BRIN 2025
P. 9

koordinasi  akan  menjadi  masalah  yang  berkelanjutan.  Sebuah  kegiatan  penelitian
               didukung oleh para peneliti dan ahli lainnya dengan keragaman yang tinggi, salahsatu

               contohnya  kegiatan  penelitian  demografi  sosial  yang  melibatkan  peneliti  sosial,

               peneliti politik, dokter, ahli statistik, sosilogis, psikologis dan lain sebagainya.
                   Tantangan  dalam  komunikasi  interpersonal  dan  komunikasi  kelompok  terlebih

               dalam  kelompok  penelitian  adalah  bagaimana  tim  efektif  dibentuk  dan  bagaimana
               strategi  komunikasi  dibangun,  artinya  bagaimana  mengkomunikasikan  masing-

               masing keterampilan/kepakaran yang mampu menyesaikan tugas sehingga tim akan
               jadi  efektif,  karena  hal  penting  membuat  tim  adalah  menyelesaikan  tugas  yang

               diberikan dan hanya diselesaikan secara tim tersebut. Hal penting dalam komunikasi

               kelompok  tidak  terletak  pada  berapa  banyak  anggota  mengatakan  sesuatu,  tetapi
               bagaimana mereka memberikan respon atau tanggapan di antara mereka.



               b.  Pengertian Teamwork
                   Kebutuhan  akan  teamwork  meningkat  seiring  dengan  semakin  meningkatnya

               kompetisi  di  berbagai  hal.  Konsep  tim  menggambarkan  munculnya  sinergi  pada
               orang-orang  yang  mengaitkan  diri  mereka  satu  sama  lain  di  dalam  sebuah  tim.

               Teamwork merupakan kegiatan yang dikelola dan dilakukan oleh sekelompok orang
               yang tergabung dalam satu organisasi. Teamwork juga didefinisikan sebagai bentuk

               kerja dalam kelompok yang harus diorganisasi dan dikelola dengan baik. Kerja sama

               dan komunikasi di dalam dan di antara bagian-bagian organisasi dapat ditingkatkan
               dengan teamwork. Di dalam teamwork, terjadi saling ketergantungan yang kuat antar

               anggota  untuk  mencapai  tujuan  bersama  atau  mencari  solusi  atas  suatu
               permasalahan  bersama.  Anggota  tim  teamwork  berisi  orang-orang  yang  memiliki

               berbagai macam keahlian sehingga dapat menjadi kekuatan dalam pencapaian tujuan
               dan sasaran organisasi.

                   Tim merupakan sekelompok orang-orang dalam jumlah kecil dengan ketrampilan

               yang berbeda yang berkomitmen terhadap  tujuan, ukuran kinerja, dan pendekatan
               yang sama, yang bertangung jawabnya diambil bersama. Sehingga tidak selamanya

               sekelompok  orang  yang  bekerja  sama  bisa  disebut  tim,  dapat  disebut  tim  harus

               dengan persyaratan sesuai dengan yang didefinisikan.
                   Dari  beberapa  referensi  yang  membahas  tetang  hal  tersebut  diatas,  kita  bisa

               mengidentifikasin apa saja perbedaan antara grup dan tim. Berikut perbedaan antara
               grup dan tim.

                                                                                                       6
   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13   14