Page 8 - 9. Diktat Penjaminan Kualitas KH-IPSB3
P. 8
manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan
proses sehari-hari;
e. meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas;
f. menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkret
untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah
dilakukan;
g. memastikan pelaksanaan tugas dapat berlangsung dalam berbagai situasi;
h. menjamin konsistensi pelayanan kepada pelanggan, baik dari sisi mutu, waktu dan
prosedur;
i. memberi informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh
pelaksana kegiatan;
j. memberikan informasi bagi upaya peningkatan kompetensi;
k. memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul pelaksana kegiatan
dalam melaksanakan tugas;
l. sebagai instrumen yang dapat melindungi pelaksana kegiatan dari kemungkinan
tuntutan hukum karena tuduhan melakukan penyimpangan;
m. menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas;
n. membantu penelusuran terhadap kesalahan prosedural dalam memberikan
pelayanan; dan
o. membantu memberikan informasi yang diperlukan dalam penyusunan standar
pelayanan, sehingga sekaligus dapat memberikan informasi bagi kinerja pelayanan.
Jika butir-butir manfaat SOP tersebut diambil intisarinya, maka akan ditemukan
beberapa kata kunci yaitu standardisasi, informasi, mengurangi tingkat kesalahan,
munculnya kemandirian, konsistensi pelayanan, memberikan perlindungan hukum, serta
mampu menjelaskan kinerja organisasi.
Penjaminan Kualitas untuk Operator dan Supervisor KHIPSB3, DPK-BRIN, 2024