Page 4 - 9. Diktat Penjaminan Kualitas KH-IPSB3
P. 4
QUALITY ASSURANCE (QA) DAN QUALITY CONTROL (QC)
Beberapa tokoh mendefinisikan Quality, yaitu:
Juran : fitness to use, kecocokan penggunaan produk
Crosby : conformance to requirement, sesuai dengan yang dipersyaratkan
Deming : kesesuaian dengan market demand, permintaan pasar
Feigenbaum : total customer satisfaction, kepuasan pelanggan
Garvin & Davis : suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia,
proses, environment yang memenuhi atau melebihi harapan
customer.
Banyak perusahaan yang memakai Quality Assurance (QA) dan Quality Control (
QC) dalam satu Divisi, jadi QA itu ya QC. Quality Assurance dianggap Quality Control,
walaupun mungkin kalau dari pengertian mungkin berbeda, tapi dalam faktanya
pelaksanaan QA dengan sendirinya melaksanakan QC.
Meskipun sasaran QA maupun QC adalah sama yaitu “kualitas”, tetapi QA dan
QC adalah dua pekerjaan bidang yang berbeda, dimana QA itu adalah prosedur untuk
pencapaian mutu (misalnya Quality plan beserta dokumen pendukungnya), dan QC
adalah aktifitasnya (pelaksanaa dari prosedur tsb) yang dibuktikan dengan record-
record. Menurut definisi pada ISO 9000:2000 (QMS-Fundamentals and Vocabulary),
adalah sbb:
Quality control; part of quality management focused on fulfilling quality requirements
(bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu)
Quality assurance; part of quality management focused on providing confidence that
quality requirements will be fulfilled (bagian dari manajemen mutu difokuskan pada
penyediaan keyakinan bahwa persyaratan mutu akan terpenuhi)
Dengan kata lain, QA membuat sistem pemastian mutu sedangkan QC
memastikan output dari sistem itu memang benar-benar memenuhi persyaratan mutu.
Penjaminan Kualitas untuk Operator dan Supervisor KHIPSB3, DPK-BRIN, 2024