Page 4 - 9. Diktat Penjaminan Kualitas KH-IPSB3
P. 4

QUALITY ASSURANCE (QA) DAN QUALITY CONTROL (QC)


                           Beberapa tokoh mendefinisikan Quality, yaitu:


                       Juran            :  fitness to use, kecocokan penggunaan produk

                       Crosby           :  conformance to requirement, sesuai dengan yang dipersyaratkan


                       Deming           :  kesesuaian dengan market demand, permintaan pasar

                       Feigenbaum       :  total customer satisfaction, kepuasan pelanggan


                       Garvin & Davis : suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia,
                                          proses,  environment  yang  memenuhi  atau  melebihi  harapan

                                          customer.


                           Banyak perusahaan yang memakai Quality Assurance (QA) dan Quality Control (

                    QC) dalam satu Divisi, jadi QA itu ya QC.  Quality Assurance dianggap Quality Control,
                    walaupun  mungkin  kalau  dari  pengertian  mungkin  berbeda,  tapi  dalam  faktanya

                    pelaksanaan QA dengan sendirinya melaksanakan QC.

                              Meskipun sasaran QA maupun QC adalah sama yaitu “kualitas”, tetapi QA dan
                       QC adalah dua pekerjaan bidang yang berbeda, dimana QA itu adalah prosedur untuk

                         pencapaian mutu (misalnya Quality plan beserta dokumen pendukungnya), dan QC

                          adalah aktifitasnya (pelaksanaa dari prosedur tsb) yang dibuktikan dengan record-

                         record. Menurut definisi pada ISO 9000:2000 (QMS-Fundamentals and Vocabulary),

                    adalah sbb:

                       Quality control; part of quality management focused on fulfilling quality requirements

                       (bagian dari manajemen mutu difokuskan pada pemenuhan persyaratan mutu)


                       Quality assurance; part of quality management focused on providing confidence that
                       quality requirements will be fulfilled (bagian dari manajemen mutu difokuskan pada

                       penyediaan keyakinan bahwa persyaratan mutu akan terpenuhi)


                           Dengan  kata  lain,  QA  membuat  sistem  pemastian  mutu  sedangkan  QC
                    memastikan output dari sistem itu memang benar-benar memenuhi persyaratan mutu.







                  Penjaminan Kualitas untuk Operator dan Supervisor KHIPSB3, DPK-BRIN, 2024
   1   2   3   4   5   6   7   8   9