Page 60 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 60

aplikasi  diluar  batas  normal.  Sehingga  dapat  diketahui  stabilitas  dan

                        realibilitas aplikasi.
                        Uji integrasi perlu dilakukan untuk memastikan bahwa semua modul dapat

                        berjalan dengan baik secara bersamaan, namun memang ini tidak dilakukan

                        di  Aplikasi  khusus  karena  APLIKASI  khusus  belum  terintegrasi  dengan
                        aplikasi lainnya.



                        Rekomendasi Instalasi aplikasi

                        Pada  tahap  pengembangan  aplikasi  diperlukan  proses  instalasi  aplikasi

                        yang  didukung  dengan  adanya  dokumen  prosedur  instalasi/Pemasangan,
                        personil Instalasi/Pemasangan, rencana pelatihan personil, Jadwal Instalasi,

                        fasilitas yang dibutuhkan selama Instalasi.

                        Untuk  instalasi  APLIKASI  KHUSUS,  sebaiknya  ditambahkan personil  yang
                        bertugas  untuk  instalasi,  Peran  dan  personil  yang  bertanggung  jawab

                        melakukan instalasi perlu ditugaskan secara jelas, agar jika terjadi kendala

                        saat instalasi dapat diketahui siapa yang bertanggung jawab.

                        Setiap  aktifitas  instalasi  sebaiknya  dikelola  dan  didefinisikan  agar  proses
                        pemeliharaan lebih mudah dan jelas.



                  Tahap Operasional


                        3.3. Rekomendasi Fungsional dan Kinerja Tahapan Operasional

                            Rekomendasi Penggunaan Aplikasi

                            Pada  tahap  operasional  aplikasi  diperlukan  dokumentasi  penggunaan
                            aplikasi  yang  menjelaskan  tentang  API  (Antarmuka  Pemrograman

                            Aplikasi),  Penggunaan  Perangkat  Lunak  secara  Umum,  Prosedur  dan

                            Tutorial, Perintah dalam Perangkat Lunak (Software Commands), Pesan
                            Kesalahan dan Solusi Permasalahan, Fasilitas Bantuan.

                            Dalam operasional APLIKASI KHUSUS yang saat ini berlangsung, perlu

                            di  dokumentasikan  riwayat  atau  logbook  penanganan  permasalahan.
                            Dari  riwayat  tersebut  kemudian  dapat  disusun  dokumen  troubleshoot

                            sebagai  Incident  and  Problem  Management  System  pada  APLIKASI




                                                                                                       42
   55   56   57   58   59   60   61   62   63   64   65