Page 56 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 56

mutu  yang  dilakukan  oleh  INSTANSI.  Dengan  melengkapi  dokumentasi

                        tersebut,  akan  menghasilkan  layanan  instansi  yang  berkualitas  sehingga
                        mencapai  penerapan  APLIKASI  KHUSUS  yang  efektif,  efisien  dan

                        berkesinambungan  serta  menjamin  terpenuhinya  kebutuhan  pengguna
                        layanan secara berkelanjutan.

                        Manajemen layanan tahap operasional, diperlukan katalog layanan, standar

                        maupun  pedoman  manajemen  layanan.  Dipelukan  rekaman  monitoring
                        operasional layanan, dokumen manajemen operasional layanan, perjanjian

                        tingkat  operasional  (OLA),  dan  kebijakan  operasional/manajemen  layanan.

                        Diperlukan  dokumentasi  notulensi  rapat  dalam  rangka  evaluasi,  standar
                        manajemen  layanan,  laporan  ketersediaan  layanan,  dan  laporan  evaluasi

                        layanan dan rekomendasi tindak lanjutnya, kebijakan manajemen layanan,
                        dan  dokumentasi  penerapan  manajemen  layanan  APLIKASI  KHUSUS

                        sebelum  dan  sesudah  penyempurnaan,  agar  terjadi  perbaikan  seluruh

                        proses manajemen layanan yang optimal dan berkelanjutan.


                  Tahap Pemantauan


                        2.8. Rekomendasi Manajemen Pemantauan
                        Perlu dilakukan pengendalian internal terhadap APLIKASI KHUSUS secara

                        berkala  oleh  unit  kerja  pengendalian  internal  INSTANSI  menggunakan

                        sistem kendali sistem informasi yang ada oleh inspektorat.


                  III. Rekomendasi terkait Fungsional dan Kinerja APLIKASI KHUSUS
                  Tahap Perencanaan



                        3.1. Rekomendasi Fungsional dan Kinerja tahap Perencanaan
                        Rekomendasi Kebutuhan layanan

                        Dokumentasi  kebutuhan  layanan  menjelaskan  tentang  kebutuhan  fungsi

                        aplikasi,  kebutuhan  pengguna,  proses  bisnis  aplikasi,  proses  pengusulan

                        layanan/fungsi,  ruang  lingkup  proyek  serta  lisensi  yang  digunakan  pada
                        aplikasi.

                        Perlu penambahan diagram yang menunjukkan interaksi antar tiap pengguna

                        dengan sistem. Diagram dapat dibuat dengan menggunakan diagram Unified




                                                                                                       38
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61