Page 62 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 62

SOP  Manajemen  Insiden  dan  contoh  Laporan  Insiden.  Namun

                        kenyataannya  APLIKASI  khusus  INSTANSI  menggunakan  layanan  cloud
                        yang  berlokasi  di  Indonesia.  Dengan  demikian  SLA  APLIKASI  KHUSUS

                        INSTANSI mengikuti SLA yang diberikan layanan cloud   Indonesia. Sistem
                        trouble-ticketing  permasalahan  pada  APLIKASI  KHUSUS  menggunakan

                        sistem ticketing Cloud   Indonesia.

                        Oleh  karena  itu  sangat  direkomendasikan  untuk  melakukan  migrasi
                        APLIKASI  khusus  INSTANSI  ke  Pusat  Data  Nasional,  dan  dimulai  dari

                        penyiapan strategi dan inventarisasi kebutuhan di PDN.



                  Tahap Pemeliharaan


                        3.4. Rekomendasi pemeliharaan aplikasi

                        Rekomendasi Pemeliharaan Aplikasi

                        Perlu  disusun  SOP  dan  panduan  teknis  terkait  pemeliharaan  aplikasi.
                        Pemeliharaan aplikasi setidaknya terkait hal-hal berikut ini:

                        1.  Prosedur  dan  rangkaian  proses  yang  dilakukan  pada  tahap

                            pemeliharaan aplikasi yang dilakukan secara terjadwal dan tepat waktu
                            oleh tim/SDM pemeliharaan aplikasi yang sudah ditentukan.

                        2.  Tersedianya  media  penyimpanan  yang  memadai  untuk  mendukung

                            proses pemeliharaan aplikasi.

                        3.  Prosedur  terkait  penghapusan  komponen  pendukung  apIikasi  beserta

                            data dan/atau informasi yang tersimpan di dalamnya secara aman dan
                            terkendali, termasuk juga prosedur backup data.

                        4.  Prosedur pemeliharaan dan penghapusan data yang bersifat sensitif dan

                            confidential,    sehingga     terhindar    dari   risiko   kebocoran      dan
                            penyalahgunaan data.

                        5.  Rangkaian proses tinjauan dan evaluasi pasca implementasi aplikasi.

                        Rekomendasi Manajemen konfigurasi aplikasi (SCM-Software
                        Configuration Management)

                        Meskipun SCM adalah proses pada tahapan pemeliharaan aplikasi, namun
                        memiliki  proses  bisnis  yang  berbeda  dengan  pemeliharaan  aplikasi.  SCM





                                                                                                       44
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67