Page 62 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 62
SOP Manajemen Insiden dan contoh Laporan Insiden. Namun
kenyataannya APLIKASI khusus INSTANSI menggunakan layanan cloud
yang berlokasi di Indonesia. Dengan demikian SLA APLIKASI KHUSUS
INSTANSI mengikuti SLA yang diberikan layanan cloud Indonesia. Sistem
trouble-ticketing permasalahan pada APLIKASI KHUSUS menggunakan
sistem ticketing Cloud Indonesia.
Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk melakukan migrasi
APLIKASI khusus INSTANSI ke Pusat Data Nasional, dan dimulai dari
penyiapan strategi dan inventarisasi kebutuhan di PDN.
Tahap Pemeliharaan
3.4. Rekomendasi pemeliharaan aplikasi
Rekomendasi Pemeliharaan Aplikasi
Perlu disusun SOP dan panduan teknis terkait pemeliharaan aplikasi.
Pemeliharaan aplikasi setidaknya terkait hal-hal berikut ini:
1. Prosedur dan rangkaian proses yang dilakukan pada tahap
pemeliharaan aplikasi yang dilakukan secara terjadwal dan tepat waktu
oleh tim/SDM pemeliharaan aplikasi yang sudah ditentukan.
2. Tersedianya media penyimpanan yang memadai untuk mendukung
proses pemeliharaan aplikasi.
3. Prosedur terkait penghapusan komponen pendukung apIikasi beserta
data dan/atau informasi yang tersimpan di dalamnya secara aman dan
terkendali, termasuk juga prosedur backup data.
4. Prosedur pemeliharaan dan penghapusan data yang bersifat sensitif dan
confidential, sehingga terhindar dari risiko kebocoran dan
penyalahgunaan data.
5. Rangkaian proses tinjauan dan evaluasi pasca implementasi aplikasi.
Rekomendasi Manajemen konfigurasi aplikasi (SCM-Software
Configuration Management)
Meskipun SCM adalah proses pada tahapan pemeliharaan aplikasi, namun
memiliki proses bisnis yang berbeda dengan pemeliharaan aplikasi. SCM
44