Page 55 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 55
Kelengkapan dokumen tersebut dapat membantu untuk menjamin
ketersediaan dan optimalisasi pemanfaatan aset TIK dalam rangka
pengembangan APLIKASI KHUSUS.
Tahapan Pengoperasian
2.7. Rekomendasi Manajemen Layanan
Manajeman layanan dilaksanakan mulai tahap perencanaan,
pengembangan dan pengoperasian layanan.
Manajemen tahap perencanaan, melengkapi laporan hasil penetapan dan
publikasi layanan yang ada di APLIKASI KHUSUS, perjanjian layanan yang
dapat berupa kontrak layanan dengan pihak pengguna layanan dalam
APLIKASI KHUSUS dan sistem manajemen mutu INSTANSI yang
mencakup layanan APLIKASI KHUSUS. Dengan melengkapi dokumen
tersebut, akan menjamin kelancaran penyelenggaraan APLIKASI KHUSUS
sebagai pelayanan publik.
Perlu mendokumentasikan hasil dari monitoring operasional layanan, hal ini
perlu dilakukan agar operasional layanan yang saat ini sedang digunakan
dapat di-reviu dan di-evaluasi sistem layanan-nya. Dengan hasil monitoring
yang sudah di reviu dan di evaluasi, maka akan menghasilkan sebuah ide /
gagasan untuk tindak lanjut peningkatan sistem layanan APLIKASI
KHUSUS.
Dengan melakukan tindak lanjut hasil reviu dan evaluasi diatas, maka
operasional layanan di APLIKASI KHUSUS akan menghasilkan layanan
yang berkualitas, efektif, efesien, dan menjamin terpenuhinya kebutuhan
dari pengguna layanan secara berkelanjutan.
Diperlukan dokumen hasil koordinasi antara instansi pemilik proses bisnis
layanan instansi dengan pihak manajemen lain yang terkait mengenai
pengembangan layanan di APLIKASI KHUSUS, dokumentasi implementasi
dan integrasi layanan yang ada di APLIKASI KHUSUS, dokumen hasil
evaluasi layanan di APLIKASI KHUSUS sesuai dengan rencana manajemen
37