Page 55 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 55

Kelengkapan  dokumen  tersebut  dapat  membantu  untuk  menjamin

                        ketersediaan  dan  optimalisasi  pemanfaatan  aset  TIK  dalam  rangka
                        pengembangan APLIKASI KHUSUS.


                  Tahapan Pengoperasian


                        2.7. Rekomendasi Manajemen Layanan

                        Manajeman        layanan     dilaksanakan      mulai     tahap     perencanaan,
                        pengembangan dan pengoperasian layanan.

                        Manajemen  tahap  perencanaan,  melengkapi  laporan  hasil  penetapan  dan

                        publikasi layanan yang ada di APLIKASI KHUSUS, perjanjian layanan yang

                        dapat  berupa  kontrak  layanan  dengan  pihak  pengguna  layanan  dalam
                        APLIKASI  KHUSUS  dan  sistem  manajemen  mutu  INSTANSI  yang

                        mencakup  layanan  APLIKASI  KHUSUS.  Dengan  melengkapi  dokumen
                        tersebut, akan  menjamin kelancaran penyelenggaraan APLIKASI KHUSUS

                        sebagai pelayanan publik.



                        Perlu  mendokumentasikan hasil dari monitoring operasional layanan, hal ini
                        perlu  dilakukan  agar operasional  layanan  yang  saat  ini  sedang  digunakan

                        dapat di-reviu dan di-evaluasi sistem layanan-nya. Dengan hasil monitoring

                        yang sudah di reviu dan di evaluasi, maka akan menghasilkan sebuah ide /
                        gagasan  untuk  tindak  lanjut  peningkatan  sistem  layanan  APLIKASI

                        KHUSUS.

                         Dengan  melakukan  tindak  lanjut  hasil  reviu  dan  evaluasi  diatas,  maka
                        operasional  layanan  di  APLIKASI  KHUSUS  akan  menghasilkan  layanan

                        yang  berkualitas,  efektif,  efesien,  dan  menjamin  terpenuhinya  kebutuhan
                        dari pengguna layanan secara berkelanjutan.



                        Diperlukan  dokumen  hasil  koordinasi  antara  instansi  pemilik  proses  bisnis

                        layanan  instansi  dengan  pihak  manajemen  lain  yang  terkait  mengenai
                        pengembangan layanan di APLIKASI KHUSUS, dokumentasi implementasi

                        dan  integrasi  layanan  yang  ada  di  APLIKASI  KHUSUS,  dokumen  hasil

                        evaluasi layanan di APLIKASI KHUSUS sesuai dengan rencana manajemen





                                                                                                       37
   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60