Page 54 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 54

Diharapkan  kedepannya  INSTANSI  dapat  melakukan  Manajemen

                        perubahan  pada  APLIKASI  KHUSUS  dalam  hal  Proses  Bisnis,  Data  dan
                        Informasi,  Infrastruktur,  Layanan  pada  APLIKASI  KHUSUS.  Manajemen

                        perubahan tersebut dimulai  dari perencanaan, analisis, pembaruan solusi,
                        pelacakan, struktur organisasi dan evaluasi perubahan

                        Manajemen  perubahan  bertujuan  untuk  menjamin  keberlangsungan  dan

                        meningkatkan  kualitas  layanan  instansi  melalui  pengendalian  perubahan
                        yang terjadi selama  implementasi  APLIKASI  KHUSUS.  Perlu melampirkan

                        prosedur perubahan sistem pengembangan aplikasi.

                        Lingkup manajemen perubahan :

                            •  Perubahan  kode  sumber,  dicatat  dalam  Arsip  rekam  jejak  (log  file)

                                untuk menjaga keterlacakan;

                            •  Perubahan persyaratan proses bisnis;

                            •  Perubahan persyaratan data;

                            •  Perubahan teknologi pendukung; atau

                            •  Perubahan infrastruktur.


                        2.6. Rekomendasi Manajemen Aset

                        Penerapan  manajemen  aset  pada  APLIKASI  KHUSUS  membutuhkan
                        dokumentasi manajemen aset TIK yang mencakup:

                          1.  Dokumen perencanaan kebutuhan aset TIK;
                          2.  Dokumen pengadaan aset TIK;

                          3.  Dokumen penatausahaan serta penilaian aset TIK;

                          4.  Dokumen pemanfaatan dan pemeliharaan aset TIK;
                          5.  Dokumen pemastian jumlah lisensi yang dimiliki untuk perangkat lunak

                             terpasang;
                          6.  Dokumen  pengelolaan  lisensi  perangkat  lunak  agar  jumlahnya  tetap

                             optimal;

                          7.  Dokumen  pengawasan  dan  pengendalian  aset  TIK  termasuk
                             pengendalian risiko, pemantauan, dan/atau penerbitan;

                          8.  Dokumen pengelolaan perubahan status aset TIK;
                          9.  Dokumen terkait lainnya yang mendukung.





                                                                                                       36
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59