Page 53 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 53

dengan  Manajemen  Data,  yaitu  seperti  penerapan  maha  data  (Big  Data)

                        yang  mampu  melakukan  analisa  tingkat  lanjut  sehingga  menghasilkan
                        wawasan  yang  membantu  mengambil  keputusan  lebih  strategis  di  bidang

                        layanan instansi sesuai dengan ketentuan standar Satu Data Indonesia.


                  Tahap Pengembangan


                        2.4. Rekomendasi Manajemen Pengetahuan
                        Belum  diimplementasikan  Manajemen  Pengetahuan  secara  penuh  pada

                        APLIKASI  KHUSUS,  namun  sudah  memenuhi  transfer  pengetahuan  dan
                        teknologi sesuai ketetapan aplikasi khusus bagi INSTANSI.


                        Diharapkan      tahun     depan     sudah     diimplementasikan      manajemen
                        pengetahuan pada APLIKASI KHUSUS. Dengan demikian diharapkan dapat

                        meningkatkan  kualitas  layanan  layanan  instansi  serta  mendukung  proses
                        pengambilan  keputusan  dalam  sistem  informasi  layanan  instansi  melalui

                        pemanfaatan  data  layanan  instansi  yang  disediakan  oleh  APLIKASI
                        KHUSUS sesuai dengan pedoman manajemen pengetahuan .

                        Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan pada APLIKASI KHUSUS terkait

                        dengan  Manajemen  Pengetahuan,  yaitu  seperti  menyederhanakan  proses
                        penemuan pengetahuan  (knowledge  discovery),  menghubungkan  berbagai

                        sumber  data  atau  bisa  juga  disebut  berbagi-pakai  data,  serta  memelihara

                        pengetahuan  yang  tersimpan  agar  selalu  akurat  dimana  pengetahuan
                        terbaru  selalu  tersedia  sedang  pengetahuan  lama  akan  disimpan  dalam

                        arsip (archiving).

                        Diharapkan  pengetahuan  layanan  instansi  tersebut  dikelola  menggunakan
                        aplikasi yang  setiap  saat dapat diakses dengan mudah  oleh  seluruh  SDM

                        dilingkungan  instansi  pengelola  dan  masyarakat  luas,  melalui  sebuah

                        pengaturan. Penerapan Manajemen Pengetahuan pada APLIKASI KHUSUS
                        dapat  dijadikan  tempat  berdiskusi  seputar  layanan  instansi  sesuai  tugas

                        fungsi  instansi  pengelola.  Kelak,  aplikasi  manajemen  pengetahuan  pada
                        APLIKASI KHUSUS  terintegrasi dengan aplikasi manajemen pengetahuan

                        nasional.

                        2.5. Rekomendasi Manajemen Perubahan






                                                                                                       35
   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58