Page 53 - TEMPLATE PELAPORAN PELAKSANAAN AUDIT INTERNAL APLIKASI KHUSUS
P. 53
dengan Manajemen Data, yaitu seperti penerapan maha data (Big Data)
yang mampu melakukan analisa tingkat lanjut sehingga menghasilkan
wawasan yang membantu mengambil keputusan lebih strategis di bidang
layanan instansi sesuai dengan ketentuan standar Satu Data Indonesia.
Tahap Pengembangan
2.4. Rekomendasi Manajemen Pengetahuan
Belum diimplementasikan Manajemen Pengetahuan secara penuh pada
APLIKASI KHUSUS, namun sudah memenuhi transfer pengetahuan dan
teknologi sesuai ketetapan aplikasi khusus bagi INSTANSI.
Diharapkan tahun depan sudah diimplementasikan manajemen
pengetahuan pada APLIKASI KHUSUS. Dengan demikian diharapkan dapat
meningkatkan kualitas layanan layanan instansi serta mendukung proses
pengambilan keputusan dalam sistem informasi layanan instansi melalui
pemanfaatan data layanan instansi yang disediakan oleh APLIKASI
KHUSUS sesuai dengan pedoman manajemen pengetahuan .
Pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan pada APLIKASI KHUSUS terkait
dengan Manajemen Pengetahuan, yaitu seperti menyederhanakan proses
penemuan pengetahuan (knowledge discovery), menghubungkan berbagai
sumber data atau bisa juga disebut berbagi-pakai data, serta memelihara
pengetahuan yang tersimpan agar selalu akurat dimana pengetahuan
terbaru selalu tersedia sedang pengetahuan lama akan disimpan dalam
arsip (archiving).
Diharapkan pengetahuan layanan instansi tersebut dikelola menggunakan
aplikasi yang setiap saat dapat diakses dengan mudah oleh seluruh SDM
dilingkungan instansi pengelola dan masyarakat luas, melalui sebuah
pengaturan. Penerapan Manajemen Pengetahuan pada APLIKASI KHUSUS
dapat dijadikan tempat berdiskusi seputar layanan instansi sesuai tugas
fungsi instansi pengelola. Kelak, aplikasi manajemen pengetahuan pada
APLIKASI KHUSUS terintegrasi dengan aplikasi manajemen pengetahuan
nasional.
2.5. Rekomendasi Manajemen Perubahan
35