Page 32 - Diktat Perawatan Pengujian dan Inspeksi Supervisi dan Operator KHIPSB3 06112024
P. 32

Gambar 4. Aspek dari Proactive Maintenance Untuk Mendapatkan Life Extent



               Reliability Engineering
               Reliability  enginering  merupakan  sebuah  jembatan  penghubung   dari

               pendekatan   proactive   maintenance,  seperti:   redesain,   modifikasi  atau
               improvement  dari  penggantian  komponen.  Dalam  beberapa  kasus  melakukan

               redesain merupakan suatu keharusan untuk mendapatkan reliability yang lebih baik.

               Failed Item Analysis
               Salah  kegiatan  yang  termasuk  Failed  Item  Analysis  adalah  inspeksi  visual  setelah

               komponen  yang  mengalami  kegagalan  dilepaskan  dari  sistemnya.  Analisis  kasus

               secara  lebih  detail  diterapkan  untuk  mengetahui  penyebab  terjadinya  kegagalan.
               Sebagai  contoh:  sebuah  bearing  mengalami  kerusakan,  penyebabnya    bisa    dari

               mis-alignment,  unbalance,  grease  yang  buruk  atau sebab  lainnya.  Pengalaman
               menunjukkan bahwa penyebab kerusakan bearing

               50% disebabkan karena metode pemasangan yang kurang tepat.


               Root Cause Failure Analysis (RCFA)

               RCFA    secara    berkonsentrasi    secara    proaktif    mencari    penyebab    terjadinya
               kegagalan. Bedanya dengan Failed Item Analysis adalah RCFA melakukan kegiatan

               proactive   sebelum   dan   juga    bisa   sesudah   terjadinya   kegagalan, sedangkan

               Failed  Item  Analysis  mutlak  setelah  terjadi  kegagalan.  Tujuan  utama  dari  RCFA
               adalah  mencari  penyebab  terjadinya  ketidakefisienan  dan  ketidakekonomisan,

               mengkoreksi  penyebab  kegagalan  (tidak  hanya  berkonsentrasi  pada  efeknya  saja),



             30                Program Perawatan, Pengujian dan Inspeksi Berkala KH-IPSB3, DPK-BRIN, 2024
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37