Page 14 - Panduan Pelatihan SDDKB 2024 Tahap 2 (1)
P. 14

d.  Penggunaan Metode Pengajaran yang Efektif

                           Pengajar  dievaluasi  dalam  penggunaan  metode  pengajaran  yang
                           bervariasi dan sesuai dengan karakteristik peserta. Ini mencakup

                           penggunaan  presentasi,  diskusi,  studi  kasus,  simulasi,  dan

                           aktivitas    lainnya     untuk      meningkatkan         pemahaman         dan
                           keterampilan peserta.

                       e.  Interaksi dengan Peserta

                           Evaluasi  ini  mencakup  kemampuan  pengajar  dalam  membangun
                           hubungan yang baik dengan peserta, mendengarkan dengan baik,

                           memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mengatasi masalah
                           atau kebingungan yang muncul selama sesi pelatihan.



                    2.  Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan
                       Evaluasi  penyelenggaraan  pelatihan  ini  merupakan  proses  penting

                       untuk mengevaluasi efektivitas dan kualitas pelatihan dalam konteks
                       digital  melalui  pembelajaran  online  dan  penggunaan  Learning

                       Management System (LMS). Berikut adalah beberapa aspek yang perlu

                       dievaluasi dalam evaluasi penyelenggaraan pelatihan tersebut:
                       a.  Penggunaan Learning Management System (LMS)

                           Evaluasi  ini  mencakup  penilaian  terhadap  kegunaan  dan

                           fungsionalitas  LMS  yang  digunakan  dalam  pelatihan.  Hal  ini
                           meliputi  kemudahan  navigasi,  ketersediaan  materi  pelatihan,

                           interaktifitas, dan keamanan data peserta.

                       b.  Kualitas Materi Pelatihan Online
                           Evaluasi ini menilai kualitas materi pelatihan yang disajikan dalam

                           format  online.  Materi  dievaluasi  terkait  dengan  aspek  relevan,

                           terstruktur dengan baik, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh
                           peserta sesuai jadwal pelatihan.

                       c.  Metode Pengajaran Online

                           Evaluasi ini mencakup penilaian terhadap metode pengajaran yang
                           digunakan  dalam  pelatihan  online,  seperti  video  pembelajaran,

                           presentasi berbasis slide, diskusi daring, atau simulasi interaktif.
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19