Page 14 - Panduan Pelatihan SDDKB 2024 Tahap 2 (1)
P. 14
d. Penggunaan Metode Pengajaran yang Efektif
Pengajar dievaluasi dalam penggunaan metode pengajaran yang
bervariasi dan sesuai dengan karakteristik peserta. Ini mencakup
penggunaan presentasi, diskusi, studi kasus, simulasi, dan
aktivitas lainnya untuk meningkatkan pemahaman dan
keterampilan peserta.
e. Interaksi dengan Peserta
Evaluasi ini mencakup kemampuan pengajar dalam membangun
hubungan yang baik dengan peserta, mendengarkan dengan baik,
memberikan umpan balik yang konstruktif, dan mengatasi masalah
atau kebingungan yang muncul selama sesi pelatihan.
2. Evaluasi Penyelenggaraan Pelatihan
Evaluasi penyelenggaraan pelatihan ini merupakan proses penting
untuk mengevaluasi efektivitas dan kualitas pelatihan dalam konteks
digital melalui pembelajaran online dan penggunaan Learning
Management System (LMS). Berikut adalah beberapa aspek yang perlu
dievaluasi dalam evaluasi penyelenggaraan pelatihan tersebut:
a. Penggunaan Learning Management System (LMS)
Evaluasi ini mencakup penilaian terhadap kegunaan dan
fungsionalitas LMS yang digunakan dalam pelatihan. Hal ini
meliputi kemudahan navigasi, ketersediaan materi pelatihan,
interaktifitas, dan keamanan data peserta.
b. Kualitas Materi Pelatihan Online
Evaluasi ini menilai kualitas materi pelatihan yang disajikan dalam
format online. Materi dievaluasi terkait dengan aspek relevan,
terstruktur dengan baik, mudah dipahami, dan dapat diakses oleh
peserta sesuai jadwal pelatihan.
c. Metode Pengajaran Online
Evaluasi ini mencakup penilaian terhadap metode pengajaran yang
digunakan dalam pelatihan online, seperti video pembelajaran,
presentasi berbasis slide, diskusi daring, atau simulasi interaktif.