Page 13 - Panduan Pelatihan SDDKB 2024 Tahap 2 (1)
P. 13

BAB IV

                                            EVALUASI PELATIHAN




                    Evaluasi  Pelatihan  Enumerator  SDDKB  Tahun  2024    dilakukan  dalam
                    rangka pengendalian suatu program pelatihan. Evaluasi dalam pelatihan

                    tersebut meliputi:

                    1.  Evaluasi Pengajar
                       Evaluasi pengajar dalam pelatihan ini bertujuan untuk menilai kinerja

                       pengajar  dalam  menyampaikan  materi  pelatihan  serta  memberikan
                       pemahaman  yang  baik  kepada  peserta.  Evaluasi  ini  sangat  penting

                       untuk  memastikan  efektivitas  pelatihan  dan  meningkatkan  kualitas

                       proses pembelajaran.
                       Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dievaluasi dalam evaluasi

                       pengajar untuk pelatihan tersebut:

                       a.  Kualitas Penyampaian Materi
                           Evaluasi      ini    mencakup        kejelasan,      keberhasilan       dalam

                           menyampaikan  materi  secara  sistematis  dan  mudah  dipahami,

                           serta  kemampuan  pengajar  dalam  menjelaskan  konsep-konsep
                           yang kompleks dengan cara yang sederhana dan jelas.

                       b.  Keterlibatan Peserta
                           Evaluasi  ini  menilai  sejauh  mana  pengajar  dapat  mendorong

                           partisipasi  aktif  dari  peserta  dalam  proses  pembelajaran.  Hal  ini

                           mencakup  kemampuan  pengajar  untuk  mendorong  diskusi,
                           menjawab  pertanyaan  dengan  baik,  dan  memfasilitasi  aktivitas

                           kelompok.
                       c.  Relevansi Materi

                           Pengajar dinilai dalam hal keberhasilannya menyajikan materi yang

                           relevan     dan     sesuai     dengan      kebutuhan        peserta     dalam
                           mengumpulkan data survei demografi dan kesehatan di Indonesia.

                           Evaluasi juga mencakup kemampuan pengajar dalam menjelaskan

                           pentingnya  materi  yang  diajarkan  dan  kaitannya  dengan  praktik
                           lapangan.
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18