Page 11 - Panduan Pelatihan Pengantar MBKM Semester Genap 2025
P. 11
BAB IV
EVALUASI PELATIHAN
Evaluasi Pelatihan Pengantar MBKM dilakukan melalui penilaian
terhadap peserta dan penyelenggaraan pelatihan.
A. Evaluasi Terhadap Peserta
Penilaian terhadap peserta dilakukan selama proses
pembelajaran berlangsung, baik melalui penilaian maupun
pengamatan secara langsung ketika peserta mengikuti proses belajar
mengajar dan menyelesaikan tugas. Penilaian untuk pembelajaran
(assessment for learning) menjadi dasar dalam mengetahui sejauh
mana tingkat pemahaman/penguasaan peserta pelatihan terhadap
materi yang disampaikan. Sesuai dengan tujuannya, assessment for
learning akan memberikan umpan balik bagi penyelenggara pelatihan,
sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan performa dalam
memfasilitasi peserta pelatihan.
Adapun penilaian terhadap peserta melalui evaluasi akademik,
meliputi pemahaman materi terhadap mata pelatihan yang diberikan
dalam pembelajaran. Peserta Pelatihan Pengantar MBKM diberikan
kesempatan mengerjakan evaluasi akademik maksimal sebanyak 3
(tiga) kali sesuai waktu yang telah dijadwalkan dan nilai yang diambil
adalah nilai yang sudah melebihi 70 (tujuh puluh).
B. Evaluasi terhadap Penyelenggaraan Pelatihan, meliputi:
1. Aspek materi, media dan sistem lms pada pembelajaran pelatihan
2. Aspek pelayanan pelatihan;
3. Survey Kepuasan Masyarakat;
10