Page 22 - Panduan Pelatihan KHIPSB3
P. 22

BAB V

                                            EVALUASI PELATIHAN



                     Evaluasi  Pelatihan  Operator  dan  Supervisor  Kanal  Hubung  Instalasi

               Penyimpanan Sementara Bahan Bakar Bekas (KHIPSB3)  dilakukan melalui
               penilaian  terhadap  peserta,  fasilitator/pengajar  dan  penyelenggaraan

               pelatihan.

               A.  Evaluasi Terhadap Peserta

                        Evaluasi peserta dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan
                   program  pelatihan.  Evaluasi  dilakukan  untuk  mengukur  pengetahuan

                   dan  keterampilan  peserta  dalam  mengikuti  Pelatihan  Operator  dan

                   Supervisor Kanal Hubung Instalasi Penyimpanan Sementara Bahan Bakar
                   Bekas  (KHIPSB3).  Peningkatan  pengetahuan  dilakukan  dengan
                   memberikan tes awal/akhir, ujian tertulis dan/atau ujian lisan. Kriteria

                   kelulusan paling rendah 70 dalam skala 100 untuk masing-masing nilai
                   ujian.


               B.  Evaluasi terhadap Pengajar, meliputi:

                        Evaluasi  terhadap  fasilitator  dilakukan  oleh  peserta  pelatihan
                   terhadap pengajar dan pembimbing. Evaluasi meliputi:

                     1.  Sistematika  penyampaian  (lingkup  materi,  tujuan,  umpan  balik,
                        rangkuman).

                     2.  Cara    penyampaian         materi    dan     interaksi     dengan      peserta
                        (menjelaskan, bertanya).

                     3.  Pencapaian tujuan pembelajaran.

                     4.  Etika mengajar/ membimbing


               C.  Evaluasi terhadap Pelaksanaan Pelatihan, meliputi:
                        Evaluasi terhadap penyelenggaran dilakukan oleh peserta terhadap

                   keseluruhan penyelenggaraan pelatihan. Evaluasi meliputi:

                     1.  Kesesuaian antar jadwal dan pelaksanaan.
                     2.  Ketepatan waktu dan informasi pemanggilan peserta.
                     3.  Tanggapan terhadap keluhan peserta selama pelatihan.

                     4.  Ketersediaan  alat  bantu  pembelajaran  (LCD,  Kamera  Video



                                                           20
   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26   27