Page 54 - 12. Diktat Karakteristik desain dan operasi
P. 54

Karakteristik dan Desain                                 Karakteristik dan Desain
                  Fasilitas                                                Fasilitas



                   menggunakan  jalur  hepa  filter  terkontaminasi,  artinya  akan  terjadi  proses

                   penyaringan  udara  dua  kali.  Alur  pemilihian  jalur  filter  udara  sebelum  keluar
                   cerobong  menggunakan  indikator  tingkat  aktivitas  radionuklida  dirancang  dan

                   dibuat  dengan  tujuan  mengindikasikan  jika  terjadi  tingkat  kontaminasi  udara  di
                   KHIPSB3 melebihi batas yang ditetapkan.
                        Alur  Pemilihan  Jalur Filter  Udara  Sebelum  Keluar Cerobong  Menggunakan

                   Indikator  Tingkat  Aktivitas  Radionuklida  telah  dimodifikasi  kerena  yang
                   sebelumnya  saklar  otomatis  penggerak  dumpernya  tidak  berfungsi.  Rangkaian
                   yang semula menggunakan RCU (Remote Control Unit) yang terdiri dari 5 bagian

                   yaitu pengkondisian sinyal, penyangga (buffer), rangkaian 2 out of 3 dan gerbang
                   logic  OR,saklar  otomatis  penggerak  dumper  tidak  berfungsi  sebagaimana
                   mestinya.  Adapun  modifikasi  Alur  pemilihan  jalur  filter  udara  sebelum  keluar

                   cerobong menggunakan indikator tingkat aktivitas radionuklida ditampilkan pada
                   gambar 3.





























                          Gambar 3. Alur Pemilihan Jalur Filter Udara Sebelum Keluar Cerobong
                                  Menggunakan Indikator Tingkat Aktivitas Radionuklida

                        Sistem driver relay motor dumper dibuat sendiri dengan menggunakan prinsip
                   rangkaian transistor sebagai saklar yang bertujuan untuk memodifikasi rangkaian

                   yang sudah ada. Alarm yang digunakan sebagai input, berasal dari
   49   50   51   52   53   54   55   56   57   58   59