Page 52 - 12. Diktat Karakteristik desain dan operasi
P. 52

Karakteristik dan Desain                                 Karakteristik dan Desain
                  Fasilitas                                                Fasilitas


                            II.     Alarm Kontaminasi Iodine

                         Udara  dari  KH-IPSB3  akan  dikeluarkan  melalui  cerobong  dan  melewati  jalur
                         penyaringan.  Ada  dua  jalur  penyaringan  yaitu  jalur  normal  hanya  melalui  filter
                         HEPA  dan  jalur  tidak  normal  atau  emergency  yang  melalui  filter  charcoal  dan

                         HEPA. Pengaturan aliran udara buang ditentukan oleh detektor yang ada di SSU.
                         Ketika ada indikasi tingkat aktivitas berlebih, maka SSU akan membunyikan alarm

                         dan memindahkan dumper ke jalur filter udara sebelum keluar cerobong melalui
                         jalur emergency dan akan di filter dua kali. Untuk mengatur jalur udara kontaminasi
                         dan jalur udara normal dibuat sistem dumper otomatis dengan menghubungkan

                         hasil deteksi SSU dengan sistem dumper.
                         Pada  sistem  aliran  udara  dalam  sistem  KH-IPSB3  (TC-ISSF),  untuk  kondisi
                         normal,  dumper  I  pada  posisi  terbuka  dan  dumper  II  pada  posisi  tertutup,

                         sedangkan pada kondisi emergency, dumper I pada posisi tertutup dan dumper II
                         pada  posisi  terbuka.  Skema  sistem  aliran  udara  dalam  sistem  KH-IPSB3  (TC-
                         ISSF) digambarkan seperti terlihat pada gambar 2.






























                                  Gambar 2. Sistem Aliran Udara dalam Sistem KH-IPSB3 (TC-ISSF)


                              Sistem otomatisasi dumper dengan input alarm Sistem Saluran Udara (SSU)
                         dibuat dan dikembangkan untuk memindahkan jalur kontaminasi udara.
   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56   57