Page 9 - 19. Diktat Sistem Bantu dan Sarana Dukung 2024
P. 9
Sistem Bantu dan Sarana Pendukung
2,47.10 -4 atm). Keseluruhan udara tersaring dikeluarkan ke atmosfir dan tidak
disirkulasi lagi.
Sistem ekstrak mempunyai dua mode penyaringan, normal dan darurat,
sebagai berikut :
Pada kondisi operasi normal, semua udara tersaring yang berasal dari
gedung IPSB3 dan KH dilewatkan langsung melalui filter Bank No.1, yang terdiri
dari 8 unit filter canister dan masing-masing canister terdapat 1 (satu) pre-filter dan
1 (satu) HEPA filter. Pada kondisi operasi darurat semua udara tersaring yang
berasal dari daerah kolam, water treatment dan KH harus dilewatkan langsung
melalui filter Bank No. 2 yang terdiri dari 14 unit filter canister, masing-masing
canister terdapat 1 (satu) HEPA filter dan charcoal filter. Penyaringan dikendalikan
secara otomatis lewat detektor Iodine.
Untuk mencegah aliran balik udara ke ruang-ruang penerimaan cask, ruang
filter, ruang ganti dan daerah ruang kendali, pada pipa ventilasi udara tersaring
dilengkapi dengan non-return damper.
Pemanas elektrik (HB1) akan dihidupkan ketika damper (MD5) terbuka.
Sistem ini diinterlock dengan fan No.1 dan 2. Pemanas elektrik akan mengatur
kelembaban relatif aliran udara yang masuk charcoal filter dibawah 40 % RH.
Pengendali laju aliran/damper pengisolasi dipasang pada posisi entry dan
sambungan utama untuk mempertahankan keseimbangan saluran penetrasi
disediakan untuk menginjeksi dan untuk pengambilan sampel untuk pengujian
aerosol.
Fan No. 1 dan 2 dipasang pada posisi downstream dari filter Bank. Kedua fan
tersebut masing-masing dalam mode operation dan standby. Fan dikendalikan
oleh sebuah controller yang menghasilkan suatu sinyal keluaran yang
mempengaruhi kecepatan. Controller akan membandingkan harga terukur udara
tersaring dengan harga yang telah ditetapkan, dan kemudian menggerakkan
pengendali kecepatan kepada harga yang telah ditetapkan tersebut. Pengendali
kecepatan aliran ini berfungsi untuk mengkompensasi kenaikan beda tekanan
pada filter No. 1 dan 2. Kenaikan beda tekanan ini akan berakibat menurunnya
kecepatan aliran udara tersaring.
SISTEM BANTU DAN SARANA PENDUKUNG, DPK BRIN, 2024 8